Simulator NASA Membantu Ilmuwan Menjelaskan Misteri Tata Surya

Sains  

Kawah di wilayah Sirenum Fossae di Mars, menunjukkan bukti limpasan air di masa lalu. Kredit: NASA/JPL/University of Arizona
Kawah di wilayah Sirenum Fossae di Mars, menunjukkan bukti limpasan air di masa lalu. Kredit: NASA/JPL/University of Arizona

Jadi, ketika pada tahun 2020 sebuah penelitian mengidentifikasi fosfin di awan Venus, komunitas ilmiah mengalihkan perhatiannya ke Jupiter. Untuk diketahui, Venus secara misterius telah menjadi planet yang penuh gas.

"Studi lebih lanjut pada kondisi lain (Venus) menunjukkan bahwa fosfin mungkin tidak ada sama sekali atau hadir dalam jumlah yang jauh lebih kecil daripada yang diidentifikasi sebelumnya, sesuatu yang juga dapat kami reproduksi," tambah Machado.

Masih di Venus, Joao Dias mengatakan, keberadaan belerang dioksida sangat penting untuk mengetahui apakah ada aktivitas vulkanik di sana. Dengan menentukan dengan tepat kelimpahan senyawa ini pada ketinggian yang berbeda, seperti yang telah ditunjukkan oleh PSG, tim peneliti akan dapat menyimpulkan tentang asal usulnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Pekerjaan ini sangat penting untuk misi luar angkasa yang sekarang sedang dikembangkan, seperti EnVision, Ariel, dan Mars Express dari European Space Agency (ESA)," kata Pedro Machado.

Secara khusus, misi seperti Ariel, yang akan mempelajari atmosfer planet ekstrasurya atau yang mengorbit bintang selain Matahari, mendapat manfaat besar dari jenis studi tata surya ini. Hasil penelitian dapat berfungsi sebagai model yang diharapkan memberi gambaran bagaimana planet di luar tata surya.

"Demonstrasi keefektifan PSG ini sangat penting bagi komunitas ilmiah, dan IA berada di garis depan studi ini dengan memasukkan spesialis tim Sistem Planetnya, baik dalam studi atmosfer planet di tata surya maupun mendeteksi dan karakterisasi exoplanet," kata Pedro Machado.

Sumber: Phys.org

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

- angkasa berdenyut dalam kehendak -

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image