Fakta Baru Asteroid Bennu, Punya Sistem Pelindung Misterius dari Serangan

Sains  

Permukaan Termuda di Tata Surya

Bennu juga menawarkan kejutan lain. Ketika menganalisis karakteristik dan distribusi kawah asteroid, para ilmuwan menyadari Bennu tidak seperti bulan. Ia tidak menyimpan catatan yang sangat panjang tentang dinamika hidupnya di masa lalu. Rata-rata, jejak peristiwa masa lalu Bennu terhapus setiap beberapa juta tahun, padahal asteroid itu sendiri berusia hingga satu miliar tahun. Hal itu membuat permukaannya terus berubah menjadi relatif muda.

"Berdasarkan populasi kawah yang diamati, Anda dapat memperkirakan usia permukaannya. Untuk Bennu, kami memiliki sekitar 2 juta tahun, dan itu luar biasa. Ini adalah salah satu usia permukaan yang berasal dari kawah termuda yang pernah kami lihat di tata surya."

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Temuan ini menantang beberapa asumsi sebelumnya tentang kehidupan asteroid. Pada benda-benda yang 'mati secara geologis' ini, tanpa vulkanisme dan atmosfer yang menghasilkan cuaca, jelas ada fenomena lain yang sedang bekerja, yang membuat mereka lebih hidup daripada yang diperkirakan.

"Kami pikir kami memiliki beberapa pemahaman dasar tentang semua cara berbeda yang dapat memanifestasikan dampak kawah. Dan itu mengejutkan melihat Bennu dan menemukan bahwa ada rezim baru yang belum sepenuhnya kami hargai sebelumnya."

Sumber: Tereza Pultarova/Space.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

- angkasa berdenyut dalam kehendak -

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image