Kirim Pesan Baru ke Alien, Ilmuwan Bocorkan Lokasi Bumi

News  

Kirim dan terima

Pencarian kecerdasan ekstraterestrial (SETI) secara kasar dapat dibagi menjadi dua metode, yaitu pasif dan aktif. Dalam SETI pasif, para ilmuwan menggunakan teleskop besar untuk mendengarkan atau mencari petunjuk bahwa kehidupan cerdas ada di luar sana. Petunjuk tersebut mungkin termasuk gelombang radio yang dikirim baik secara tidak sengaja atau sengaja oleh peradaban asing.

SETI aktif melibatkan pengiriman sinyal. Upaya ini jauh lebih jarang, dan sejauh ini sebagian besar bersifat simbolis. Pada tahun 1972 dan 1973, pesawat ruang angkasa Pioneer diluncurkan dengan sepasang plakat yang menggambarkan gambar garis pria dan wanita serta simbol yang dimaksudkan untuk menunjukkan dari mana pesawat itu berasal. Plakat adalah pesan pertama dari umat manusia yang dirancang untuk melakukan perjalanan di luar tata surya, namun kemungkinan mereka akan ditemukan di ruang angkasa sangatlah kecil.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada tahun 1977, NASA meluncurkan upaya jarak jauh serupa pada pesawat ruang angkasa Voyager, Golden Record. Mereka mengirim rekaman musik, suara binatang, dan ucapan salam dalam 55 bahasa. "Ini dirancang oleh sebuah komite yang dipimpin oleh astronom terkenal Carl Sagan dan menginspirasi tim peneliti saat ini," kata Kristen Fahy, seorang insinyur sistem sains di JPL NASA dan salah satu perancang pesan baru.

"Untuk menindaklanjuti itu benar-benar suatu kehormatan," kata Fahy.

Pesan baru termasuk gambar garis pria dan wanita yang mirip dengan yang ada di plakat Pioneer, tetapi dengan putaran yang lebih egaliter. Bedanya, pesan versi tahun 1970-an hanya pria yang mengangkat tangannya untuk memberi salam, sementara pada pesan baru, pria dan wanita akan melambai halo dalam ilustrasi modern.

Pesan Arecibo sendiri berbeda dengan Pioneer dan Voyager karena ia adalah upaya berbasis Bumi. Pesan itu dikirim menuju gugus bintang globular M13 pada tahun 1974 dari teleskop radio Arecibo di Puerto Rico, sebagian besar sebagai upaya simbolis. Pesan ini masih dalam perjalanan ke tempat tujuannya, mengingat M13 berjarak 25.000 tahun cahaya. Itu artinya, pesan itu baru menempuh perjalanan sekitar 0,2 persen.

Pesan baru yang diusulkan akan dipancarkan ke arah cincin bintang sekitar 13.000 tahun cahaya dari pusat Bima Sakti. Jiang mengatakan, wilayah itu diperkirakan berisi sejumlah planet di zona layak huni bintang mereka. "Jika ada alien, kemungkinan besar mereka ada di sana," katanya.

Teleskop Arecibo kini sudah tidak ada setelah runtuh pada tahun 2020 dan kemudian dihancurkan. Teleskop yang paling mungkin mengirimkan pesan baru adalah Teleskop radio Spherical Aperture Spherical (FAST) setinggi lima ratus meter di Provinsi Guizhou, Cina dan Array Teleskop Allen di California utara, yang dirancang untuk mencari sinyal luar angkasa. "Tidak ada teleskop yang dapat mengirimkan pesan sekarang, mereka hanya dapat menerimanya, tetapi kemampuan transmisi dapat ditambahkan dalam pembaruan ke depan," kata Jiang.

Sumber: Live Science

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

- angkasa berdenyut dalam kehendak -

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image