Kirim Pesan Baru ke Alien, Ilmuwan Bocorkan Lokasi Bumi

News  
Teleskop radio Spherical Aperture Spherical (FAST) setinggi lima ratus meter di Provinsi Guizhou, Tiongkok barat daya. Gambar: NAO/FAST
Teleskop radio Spherical Aperture Spherical (FAST) setinggi lima ratus meter di Provinsi Guizhou, Tiongkok barat daya. Gambar: NAO/FAST

ANTARIKSA -- Para ilmuwan telah membuat pesan baru untuk siapapun makhluk luar angkasa cerdas yang mungkin ada di luar sana. Isinya mengejutkan mengingat pemahaman umum bahwa alien kemungkinan bersifat defensif, datang untuk menghancurkan manusia.

Kali ini, bukan saja mengirim pesan, para ilmuwan ingin mengundang alien ke Bumi. Peta dan petunjuk bumi mereka selipkan dalam pesan tersebut.

Teknologi yang dibutuhkan untuk mengirim pesan cepat sebenarnya belum siap. Jika pun catatan itu ditransmisikan, maka akan memakan waktu ribuan tahun untuk mencapai tujuannya. Dengan kata lain, tidak ada yang mengharapkan pesan balasan dari alien dalam waktu dekat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tetapi para peneliti di balik memo alien berharap ide-ide mereka akan membuka dialog tentang bagaimana menghubungi alien dan apa yang harus dikatakan kepada mereka. Lebih jauh, mereka ingin alien menemukan bahwa umat manusia pernah hidup di Bumi sebagai spesies.

"Kami ingin mengirim pesan dalam botol di lautan kosmik, untuk mengatakan, 'Hei, kami di sini'. Bahkan jika kita tidak (lagi) di sini beberapa tahun kemudian," kata Jonathan Jiang, astrofisikawan di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di California, seperti dikutip Live Science, Rabu, 6 Maret 2022.

Mengkau alien...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

- angkasa berdenyut dalam kehendak -

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image