10 Hal tentang Tata Surya yang Harus Kamu Tahu

News  
Ilustrasi planet-planet yang mengorbit Matahari dalam sistem Tata Surya. 
Ilustrasi planet-planet yang mengorbit Matahari dalam sistem Tata Surya.

ANTARIKSA -- Ada banyak sistem planet di alam semesta yang luas. Terdiri dari planet-planet yang mengorbit bintang induknya masing-masing. Salah satunya sistem planet kita yang dinamai Solar System atau Tata Surya. Bumi kita termasuk di dalam tata surya yang terletak di lengan spiral luar galaksi Bima Sakti.

Tata surya kita terdiri dari sebuah bintang yang disebut Matahari dan segala sesuatu yang terikat padanya oleh gravitasi. Di antaranya, planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Kemudian ada planet kerdil seperti Pluto, puluhan bulan, dan jutaan asteroid, komet, dan meteoroid.

Di luar tata surya, para ilmuawan telah menemukan ribuan sistem planet lain di Bima Sakti. Mereka mengorbit bintangnya masing-masing.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut NASA, ini adalah 10 hal dasar yang harus diketahui tentang Tata Surya.

1. Miliaran benda langit

Tata surya kita terdiri dari bintang, delapan planet, dan benda-benda kecil yang tak terhitung jumlahnya. Mereka berupa planet kerdil, asteroid, dan komet.

2. Mengorbit Bima Sakti

Tata surya kita mengorbit pusat galaksi Bima Sakti dengan kecepatan sekitar 515 ribu mph. Kita berada di salah satu dari empat lengan spiral galaksi.

3. Perjalanan panjang

Tata surya kita membutuhkan waktu sekitar 230 juta tahun untuk menyelesaikan satu orbit di sekitar pusat galaksi Bima Sakti.

4. Spiral

Umumnya, ada tiga jenis galaksi, yaitu elips, spiral, dan tidak beraturan. Bima Sakti adalah galaksi spiral.

5. Atmosfer yang pas

Tata surya kita adalah wilayah luar angkasa yang tidak memiliki atmosfer. Tapi tata surya berisi banyak dunia, termasuk Bumi dengan jenis atmosfernya yang nyaman.

6. Banyak Bulan

Planet-planet dan bahkan beberapa asteroid di tata surya menampung lebih dari 200 bulan di orbitnya.

7. Dijelajahi

Lebih dari 300 robot atau pesawat ruang angkasa telah menjelajahi tujuan di luar orbit Bumi. Itu termasuk membawa puluhan astronot yang melakukan perjalanan dari Bumi ke Bulan.

8. Planet bercincin

Empat planet raksasa dan setidaknya satu asteroid diketahui memiliki cincin. Namun, tidak ada yang lebih spektakuler dari cincin cantiknya Saturnus.

9. Mendukung kehidupan

Tata surya kita adalah satu-satunya sistem planet yang diketahui mendukung kehidupan. Sejauh ini, para ilmuwan hanya mengetahui kehidupan di Bumi, tetapi masih mencari lebih banyak lagi kemungkinan kehidupan di luar sana.

10. Keluar dari Tata Surya

Voyager 1 dan Voyager 2 NASA adalah satu-satunya pesawat ruang angkasa yang meninggalkan tata surya kita. Tiga pesawat ruang angkasa lainnya; Pioneer 10, Pioneer 11, dan New Horizons pada akhirnya menabrak ruang antarbintang.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

- angkasa berdenyut dalam kehendak -

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image