Sains

Bintang Sirius Hingga Planet Venus Mungkin akan Terlihat saat Gerhana Matahari Total 8 April

Bintang dan planet yang mungkin muncul saat gerhana

ANTARIKSA -- Beberapa planet dan bintang mungkin bisa terlihat saat gerhana matahari total 8 April 2024. Pada 8 April 2022, sebagian wilayah Amerika Utara akan diselimuti kegelapan sesaat saat bulan menutupi matahari secara total selama gerhana matahari.

Peristiwa langka ini akan berlangsung selama waktu maksimal 4 menit dan 28 detik, menjelajahi jalur selebar 185 kilometer dan panjang 16.000 km yang melintasi Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada. Saat bulan sepenuhnya menyelimuti matahari, langit akan menjadi gelap, menciptakan momen yang luar biasa bagi para pengamat di sepanjang jalur gerhana.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut penulis kolom pengamat langit Space.com, Joe Rao, beberapa planet yang mungkin muncul selama totalitas, yang biasanya tersembunyi dalam cahaya siang hari, termasuk Venus dan Jupiter.

Venus berada sekitar 15 derajat ke barat dari matahari dan Jupiter berada 30 derajat di sebelah timur bintang. Planet lain yang mungkin terlihat adalah Saturnus dan Mars, yang masing-masing berada sekitar 35 derajat dan 36 derajat di barat matahari. Sebagai informasi, satu kepalan tangan yang dijulurkan sejauh lengan Anda mencakup sekitar 10 derajat langit.

Bagi pengamat gerhana di jalur totalitas di luar Meksiko dan Texas, bintang terang di atas Bumi, Sirius, akan muncul di atas cakrawala dan seharusnya terlihat ke arah tenggara timur. Di antara bintang-bintang lain yang lebih redup yang akan menjadi terlihat adalah Bintang Kambing Capella, yang tinggi di timur laut, dan Rigel, yang lebih rendah di tenggara.

 

 

 

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

the alchemist