Ulasan

15 Fakta Menarik tentang Konstelasi Pisces, Konstelasi Besar Tapi Redup

Konstelasi Pisces

ANTARIKSA -- Konstelasi Pisces merupakan konstelasi terbesar ke-14 secara keseluruhan yang diakui oleh para ilmuwan. Pisces, dinamai berdasarkan bentuk jamak Latin dari ikan.

Meskipun merupakan konstelasi yang cukup besar, bintang-bintangnya redup. Tidak satupun Bintang di Konstelasi Pisces yang lebih terang dari magnitudo keempat. Alhasil, Bintang-bintang di Konstelasi Pisces sulit untuk dilihat di langit dengan mata telanjang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pisces dikenal karena mengandung titik tempat matahari melintasi ekuator langit menuju Belahan Bumi Utara sekitar tanggal 20 Maret setiap tahun. Titik ini, yang disebut ekuinoks vernal, dulunya terletak di Aries, tetapi telah pindah ke Pisces karena pergerakan bumi pada sumbunya.

Berikut ini fakta-fakta tentang Konstelasi Pisces:

1. Pisces berada di kuadran pertama Belahan Bumi Utara dan menutupi wilayah V yang besar. Luasnya yang besar, ditambah dengan bintang-bintangnya yang redup, membuatnya sulit ditemukan di langit malam.

2. Pengamat Belahan Bumi Utara dapat melihat Pisces dengan jelas pada awal musim gugur.

3. Konstelasi Pisces paling baik dilihat pada pukul 9 malam antara 6 dan 9 November.

4. Pisces terletak di timur laut Aquarius dan di barat laut konstelasi Cetus si Monster Laut. Konstelasi lain yang berbatasan dengan Pisces adalah Triangulum, Andromeda, Pegasus, dan Aries.

5. Salah satu cara utama untuk mengidentifikasi Pisces adalah dengan menemukan Circlet of Pisces atau yang juga dikenal sebagai kepala Ikan Barat — di selatan Square of Pegasus. Ikan Timur dapat dilihat melompat ke atas di sebelah timur Square of Pegasus.

6. Eta Piscium, juga dikenal sebagai Alpherg atau Kullat Nunu, adalah bintang tercerah di Pisces. Ini adalah bintang raksasa terang (kelas G) yang berjarak 294 tahun cahaya dari Bumi dan memiliki luminositas yang 316 kali lipat dari matahari. Bintang tercerah kedua di konstelasi ini adalah raksasa kuning sekitar 130 tahun cahaya dari Bumi yang dikenal sebagai Gamma Piscium.

7. Alpha Piscium adalah bintang tercerang ketiga di Pisces dan terdiri dari sepasang bintang katai putih yang berdekatan. Ini juga disebut Alrescha ("tali") karena menerangi tempat di mana tampaknya ekor kedua ikan terikat bersama.

Bintang ini juga dikenal sebagai Fum al Samakah, bahasa Arab untuk "mulut ikan," Beta Piscium memiliki magnitudo 4,53 dan berjarak sekitar 492 tahun cahaya dari Bumi.

8. Pisces juga memiliki Bintang Van Maanen, dinamai dari Adrian van Maanen, astronom Belanda yang menemukannya pada tahun 1917. Ini adalah sistem bintang ke-31 terdekat dan katai putih tunggal terdekat dengan matahari, hanya berjarak 14,1 tahun cahaya.

9. Pisces juga berisi sebuah objek Messier yang merupakan galaksi, nebula, dan gugus bintang yang dicatat oleh astronom Prancis abad ke-18, Charles Messier. Messier 74 adalah galaksi spiral yang terletak di antara bintang alpha Arietis dan eta Piscium.

10. Teleskop Luar Angkasa Hubble memotret sepasang galaksi aneh, disebut Pisces A dan Pisces B, pada tahun 2014. Dua tahun kemudian, para peneliti mengumumkan bahwa data dari pengamatan tersebut menunjukkan bahwa galaksi kerdil itu dulunya berdiri sendiri.

Namun, seiring waktu mereka pindah ke kelompok galaksi terdekat — sebuah proses yang mempercepat pembentukan bintang. Para peneliti mengatakan studi tentang Pisces A dan Pisces B juga dapat memberikan gambaran tentang bagaimana galaksi kerdil saat ini mungkin tampak seperti di masa lalu.

11. Peneliti yang memeriksa galaksi NGC 660 mengumumkan ledakan besar di sana pada tahun 2013, yang kemungkinan berasal dari lubang hitam. Mereka menyingkirkan kejadian supernova (ledakan bintang) karena para peneliti melihat lima lokasi dengan emisi radio terang di dekat inti galaksi.

12. Beberapa eksoplanet juga telah ditemukan di konstelasi ini. Pada tahun 2014, para peneliti menemukan sebuah dunia yang disebut GU Pisces b yang mengorbit sekitar 2.000 kali jarak Bumi-matahari, yang berarti planet itu memerlukan sekitar 80.000 tahun Bumi untuk mengorbit bintangnya sekali.

13. Teleskop luar angkasa Kepler, ketika memulai misi pengamatan baru pada tahun itu, menemukan super-Bumi yang disebut HIP 116454b sekitar 180 tahun cahaya dari Bumi. Sebuah penyelidikan Pencarian Kehidupan di Luar Angkasa (SETI) memeriksa HIP 116454b untuk sinyal pada tahun berikutnya, tetapi pencarian itu tidak membuahkan hasil.

14. Mitologi
Di langit, Pisces diwakili sebagai dua ikan yang berenang tegak lurus satu sama lain, satu di utara dan satu di barat. Mereka terhubung oleh tali. Ikan itu sendiri tampaknya adalah dewi Yunani Aphrodite dan putranya, Eros, yang berubah menjadi ikan dan melompat ke Sungai Efrat untuk menghindari nafas api dari monster Typhon, "monster paling mengerikan yang pernah dilihat dunia," menurut Ridpath.

15. Dalam astrologi, yang bukan ilmu pengetahuan, Pisces adalah tanda ke-12 di Zodiak dan mewakili mereka yang lahir antara 20 Februari dan 20 Maret.

 

 

 

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

the alchemist