Ulasan

Mengenal Laniakea, Klaster Galaksi Raksasa Tempat Bumi Berada! Memiliki 100 Ribu Galaksi

Klaster Laniakea, rumah dari Galaksi Bima Sakti yang di sana terdapat Bumi.

ANTARIKSA -- Manusia hidup di Bumi. Bumi berada di galaksi Bima Sakti. Galaksi Bima Sakti ada di sebuah kumpulan galaksi atau klaster galaksi raksasa benama Laniakea.

Galaksi Bima Sakti kita hanyalah anggota kecil dari kumpulan galaksi raksasa yang dikenal sebagai Supergugus Laniakea. Meskipun tidak memiliki batas formal, para astronom memperkirakan bahwa Supergugus Laniakea mengandung sekitar 100.000 galaksi dengan massa total sekitar 100 juta miliar kali massa matahari.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Laniakea membentang lebih dari 520 juta tahun cahaya. Pada tahun 2014, para ilmuwan membuat peta tentang supergugus Laniakea.

Peta 3D yang dikembangkan oleh Brent Tully, astronomer di University of Hawaii at Honolulu dan koleganya menunjukkan bahwa galaksi Bima Sakti berada di pinggiran Supergugus Laniakea.

Nama Laniakea diusulkan oleh Nawa'a Napoleon, yang mengajar bahasa Hawaii di Kapiolani Community College di Hawaii. Nama ini dimaksudkan untuk menghormati para navigator Polinesia yang menggunakan pengetahuan mereka tentang langit untuk melakukan pelayaran panjang melintasi luasnya Samudra Pasifik.

Supergugus Laniakea juga mencakup Gugus Virgo dan Norma-Hydra-Centaurus, yang juga dikenal sebagai Great Attractor. Di dalam Supergugus Laniakea, gerakan galaksi diarahkan ke dalam, seperti air yang mengalir menuruni lembah. Great Attractor bertindak seperti lembah gravitasi dengan dasar datar besar dengan bola daya tarik yang meluas di seluruh Supergugus Laniakea.

Tully mencatat bahwa Laniakea bisa menjadi bagian dari struktur yang lebih besar lagi. Para ilmuwan pun terus mengukur struktur yang lebih besar ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

the alchemist