Fakta Area 51, Disebut Sarang UFO dan Alien

Ulasan  
 citra Google Earth mengungkap jalur pendaratan misterius sepanjang satu mil di Area 6 situs uji Yucca Flat, sekitar 19 km di timur laut Area 51.
citra Google Earth mengungkap jalur pendaratan misterius sepanjang satu mil di Area 6 situs uji Yucca Flat, sekitar 19 km di timur laut Area 51.

ANTARIKSA -- Area 51. Namanya memunculkan aura kerahasiaan, misteri, dan tentu saja, kejadian luar angkasa. Memang, instalasi militer yang terletak sekitar 80 mil (129 kilometer) di barat laut Las Vegas, Nevada adalah tempat pengujian rahasia militer Ameriksa Serikat.

Apa yang sebenarnya telah diketahui tentang Area 51, selain mitos dan konspirasi? Berikut adalah sejumlah fakta, setidaknya yang telah diketahui sampai saat ini.

Penyebutan Area 51

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Area 51 sebenarnya hanya semacam jargon militer yang terdengar seperti dasar konspirasi besar-besaran. Lagi pula, tidak disebutkan di mana Area 1 hingga 50. Area 51 terlihat di peta yang merujuk pada salah satu lokasi di dalam Situs Uji Coba Nevada dari tahun 1950-an, kini bernama Situs Keamanan Nasional Nevada. Situs ini adalah area gurun terpencil sejauh 65 mil atau 105 kilometer di utara Las Vegas. Situs Uji Nevada menjadi tempat ratusan uji coba senjata nuklir AS sejak tahun 1950-an, beberapa di antaranya dilakukan di atas permukaan tanah.

Pusat Konspirasi

Menjadi area uji senjata nuklir tidak cukup membuatnya sakral. Klaim utama yang membuat Area 51 begitu tenar adalah dugaan sebagai situs penelitian teknologi luar angkasa. Semua itu dimulai pada Juli 1947, ketika tajuk utama halaman depan Roswell Daily Record membuat gempar dengan judul 'RAAF Menangkap Piring Terbang di Peternakan Wilayah Roswell.'

Militer AS mengklaim benda tak dikenal itu hanyalah balon cuaca. Namun, ahli teori konspirasi bersikeras itu adalah pesawat luar angkasa dan mungkin ada alien 'abu-abu' bermata besar di dalamnya. Mereka menuding piring terbang yang malang itu dibawa dari wilayah peternakan Roswell ke Area 51 untuk rekayasa ulang.

Pada September 1994 atau 47 tahun kemudian, Angkatan Udara AS merilis laporan dengan cerita yang lebih lengkap. Bangkai pesawat itu memang balon, tapi bukan balon cuaca biasa. Itu adalah balon pemantau atom yang bertujuan mendeteksi ledakan uji coba nuklir yang jauh.

Klaim Merekayasa UFO

Terlepas dari tabrakan balon yang menggemparkan pada tahun 1947, Area 51 baru mendapat puncak ketenarannya pada akhir 1980-an. Saat itu, seorang pria bernama Robert Lazar muncul di stasiun televisi Las Vegas dan mengaku bekerja di sebuah situs misterius bernama S-4, dekat Area 51. Yang mengerikan, ia bertugas merekayasa kembali piring terbang yang jatuh. Hal itu menyebabkan kegemparan, tetapi tak lama Lazar diketahui memalsukan semua pengakuannya, bukan saja soal pekerjaannya, melainkan semua latar belakang hidupnya. Dia mengklaim telah lulus dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan California Institute of Technology (Caltech), tetapi ternyata tak pernah berada di sana. Dia juga mengklaim pernah bekerja untuk Laboratorium Nasional Los Alamos, yang juga ternyata palsu.

Tidak Ada Pengunjung

Area 51 ada di peta, tapi tidak ada yang dapat memastikan Anda bisa sampai ke sana. Ini adalah area terlarang, dengan penjaga bersenjata lengkap berpatroli di mana-mana. Mereka dalam bahasa sehari-hari dikenal sebagai 'Camo dudes' atau 'Cammo Dude' yang artinya manusia kamuflase karena mereka menggunakan penyamaran saat bekerja. Mengingat sebagai lokasi pengujian pesawat siluman, kerahasiaan semacam itu tidak terlalu mengejutkan. Namun, di balik ke sunyian lokasi itu, para Camo Dudes menjadi yang paling rentan terkena masalah. Para penjaga itu sering mengalami masalah pernapasan karena terpapar bahan kimia beracun dari pembakaran lapisan pelindung pesawat dari radar.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

- angkasa berdenyut dalam kehendak -

Apa Itu Galaksi?

Apa Itu Bintang, Planet, Asteroid, dan Komet?

Apa Itu Lubang Hitam?

Kenapa Alam Semesta Gelap?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image