Teleskop Hubble Melihat Cuaca Ekstrem di Dunia Alien yang Aneh

Sains  

Hujan di Jupiter panas

Curah hujan yang aneh terjadi karena satu sisi planet selalu menghadap bintangnya, yang menguapkan batu dan menghasilkan gas silikon monoksida. Silikon monoksida itu mengalir ke sisi malam planet (dengan kecepatan lebih dari 2.000 mph atau 3.200 kph), di mana suhu mungkin cukup dingin untuk memantapkan material kembali ke bebatuan dan jatuh kembali ke permukaan.

Bagi para astronom, dunia aneh ini lebih dari sekadar keingintahuan. Pengamatan adalah bukti bahwa peralatan modern dapat memberi para ilmuwan pandangan sekilas tentang iklim dunia lain. Itu adalah sesuatu yang mungkin membantu mereka menemukan dunia yang lebih mirip Bumi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Jika kita tidak dapat mengetahui apa yang terjadi di Jupiter super panas, di mana kita memiliki data pengamatan yang solid dan dapat diandalkan, kita tidak akan memiliki kesempatan untuk mengetahui apa yang terjadi dalam spektrum yang lebih lemah dari mengamati planet ekstrasurya terestrial," kata Joshua Lothringer, seorang astronom di Utah Valley University dan salah satu penulis makalah kedua.

Sumber: Space.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

- angkasa berdenyut dalam kehendak -

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image