Robot Curiosity NASA Melihat Formasi Mineral seperti Bunga Karang di Mars

Teknologi  
Gambar formasi mineral yang diambil Curiosity. Gambar: NASA
Gambar formasi mineral yang diambil Curiosity. Gambar: NASA

ANTARIKSA -- Robot penjelajah Curiosity NASA menangkap gambar yang tampak seperti 'bunga' karang di Kawah Gale di permukaan Mars. Namun, sebenarnya merupakan formasi mineral mikroskopis.

Dilansir Dailymail, Selasa, 28 Februari 2022, pandangan mikroskopis pasir Mars diambil dengan Mars Hand Lens Imager (MAHLI), alat untuk mencitrakan mineral, tekstur, dan struktur di bebatuan serta tanah pada skala yang lebih kecil dari diameter rambut manusia. Tim Curiosity mengkonfirmasi itu adalah 'cluster kristal diagenetik', yang menurut para ahli dari NASA JPL kemungkinan dibentuk oleh mineral yang mengendap dari air.

Meskipun terlihat besar dalam gambar, sebenarnya lebih kecil dari satu sen, dan terdiri dari kelompok kristal tiga dimensi yang terbuat dari kombinasi mineral. Ilmuwan NASA mengatakan, itu dapat memberi tahu mereka lebih banyak tentang struktur tanah Mars dan bagaimana planet itu terlihat, termasuk aliran air yang telah lama hilang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Curiosity sedang mempelajari Kawah Gale, dasar danau kering yang berdiameter 96 mil dan mencakup gunung Aeolis Mons yang menjulang 18.000 kaki di atas dasar kawah.

NASA awalnya memilih kawah tersebut sebagai situs Curiosity, yang mendarat di Mars pada November 2011, karena bukti keberadaan air di masa lalu.

Ilmuwan proyek Curiosity, Abigail Fraeman menjelaskan, formasi yang tidak biasa menggambarkannya sebagai struktur halus kecil yang dibentuk oleh mineral yang mengendap dari air.

Ini bukan pertama kalinya robot itu melihat formasi yang seperti itu. Kemungkinan itu terbuat dari garam yang disebut sulfat, jika sama dengan versi yang ditemukan sebelumnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

- angkasa berdenyut dalam kehendak -

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image