Bisnis

Pesawat Psyche Kirim Foto Pertama Saat Terbang Menuju Tambang Asteroid 10 Kuadriliun Dolar

Foto pertama dari pesawat ruang angkasa Psyche. Foto ini adalah kumpulan bintang-bintang yang ada di di konstelasi Pisces.

ANTARIKSA -- Pesawat ruang angkasa Psyche milik Badan Antariksa Amerika (NASA) akhirnya mengirimkan data pertama pada 4 Desember. Sejak diluncurkan di atas roket SpaceX Falcon Heavy pada 13 Oktober, Psyche telah melakukan perjalanan kosmos dalam kegelapan.

Sejak hari peluncurannya, para ilmuwan belum menyalakan kamera pesawat bersayap surya tersebut. Saat ini, Psyche sedang dalam perjalanan untuk mempelajari asteroid yang diberi nama, 16 Psyche. Asteroid 16 Psyche konon memiliki potensi nilai ekonomi hingga 10 kuadriliun dolar AS.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Asteroid itu terletak di antara planet Mars dan Jupiter. Batuan luar angkasa ini sangat menarik bagi para peneliti planet karena diyakini hampir seluruhnya terbuat dari logam, khususnya besi dan nikel.

Logam-logam tersebut adalah logam spesifik yang ditemukan di inti bumi. Artinya, 16 Psyche menawarkan kepada kita metode tidak langsung dalam menganalisis pusat Bumi. Ini merupakan sesuatu yang tidak dapat ilmuwan lakukan secara langsung.

Pada tanggal 5 Desember, tim misi mengumumkan bahwa pesawat ruang angkasa itu pertama kali mengambil foto luar angkasa pertamanya. Data yang dikirimkan adalah mosaik data mentah yang dikumpulkan oleh pesawat tersebut pada tanggal 4 Desember.

Data itu menampilkan penyebaran bintang yang terlihat dari sudut pandang Psyche. Dalam waktu beberapa hari, tim akan mengolah data tersebut agar bisa menghasilkan makna.

Gambar ini disebut sebagai "cahaya pertama" Psyche. Potret itu sebenarnya terdiri dari total 68 gambar terpisah, yang semuanya merangkum benda-benda di konstelasi Pisces. Di situlah kebetulan kamera dari pesawat Psyche mengarah ketika dinyalakan.

Bintang paling terang yang terlihat bernama "mu Pisces" dengan magnitudo 4,9 dan bintang lain yang terlihat memiliki magnitudo antara 7 dan 9.

"Gambar-gambar awal ini hanyalah pembuka tirai," kata Jim Bell dari Arizona State University, dilansir dari Space.

Tim akan menggunakan gambar bintang seperti ini untuk menguji bagaimana imager Psyche berfungsi. Pada tahun 2026, pesawat ruang angkasa ini akan terbang melintasi Mars dan diharapkan dapat mengambil beberapa pemandangan Planet Merah yang menakjubkan.

Pesawat itu ditargetkan pada tahun 2029 bisa mendapatkan gambar yang paling menarik dari asteroid Psyche.

 

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

the alchemist