Teknologi

5 Fakta Pendaratan Pesawat Odysseus di Bulan, Wahana Antariksa Swasta Pertama Swasta di Bulan

Ilustrasi pesawat Odysseus berada di orbit bulan. Gambar: BNN Breaking

ANTARIKSA -- Odysseus, sebuah pendaratan lunar robotik yang dikembangkan oleh Intuitive Machines menjadi wahana antariksa swasta pertama yang mendarat di bulan. Keberhasilan pendaratan pesawat lunar Odysseus adalah pendaratan Amerika Serikat pertama di bulan dalam lebih dari 50 tahun.

CEO Intuitive Machines Stephen Altemus menyebut pendaratan ini sebagai satu momen penuh ketegangan. Berikut lima hal yang perlu diketahui tentang pendaratan tersebut:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Odysseus adalah pendaratan lunar pertama bagi AS dalam lebih dari 50 tahun
Menurut The Associated Press, pendaratan Odysseus di permukaan bulan menandai pendaratan lunar pertama untuk wahana antariksa AS dalam lebih dari 50 tahun. Pendaratan lunar terakhir terjadi pada tahun 1972 dengan misi Apollo 17.

Odysseus adalah wahana antariksa swasta pertama yang mendarat di bulan
Odysseus menjadi wahana antariksa swasta pertama yang mendarat di bulan ketika mendarat pada hari Kamis 23 Februari 2024. Wahana antariksa ini dikembangkan oleh Intuitive Machines yang berbasis di Houston dan merupakan bagian dari Layanan Muatan Bulan Komersial Badan ANtariksa Amerika (NASA), yang menampilkan kontrak swasta antara agensi dan perusahaan-perusahaan AS untuk pengiriman materi ke bulan.

Wahana antariksa tersebut diluncurkan dari Kennedy Space Center minggu lalu menggunakan roket SpaceX Falcon 9. SpaceX juga merupakan perusahaan swasta yang bekerja dengan NASA.

Odysseus memiliki tujuan termasuk penyelidikan cuaca antariksa
Odysseus memiliki instrumen ilmiah untuk membantu melakukan uji coba teknologi ilmiah dan mendemonstrasikan kemampuan saat NASA bekerja pada eksplorasinya terhadap bulan.

Menurut NASA, saat dalam perjalanan menuju bulan, instrumen pendaratan tersebut akan membantu dalam mengukur jumlah bahan bakar dan mengumpulkan data tentang interaksi plume-surface. Sekarang setelah berada di bulan, instrumennya akan menyelidiki cuaca antariksa, interaksi permukaan bulan, dan astronomi radio.

Odysseus sempat menghadapi beberapa masalah dalam perjalanannya menuju bulan
Sebelum mendarat di bulan, Odysseus menghadapi masalah dan waktu perkiraan pendaratannya tertunda. Beberapa jam sebelum pendaratan, sistem navigasi laser wahana mengalami kegagalan.
Oleh karena itu, tim kontrol penerbangan Intuitive Machines harus mengandalkan sistem laser eksperimental NASA.

Odysseus akan membantu mempersiapkan eksplorasi manusia masa depan di bulan
Wahana pendarat bulan tak berawak membawa sains NASA ke permukaan Bulan. Instrumen-instrumen ini akan mempersiapkan untuk eksplorasi manusia masa depan di Bulan dalam misi Artemis.

Dalam program Artemis NASA, manusia akan kembali ke permukaan bulan pada tahun 2026, dengan wanita pertama dan orang berkulit warna yang ikut dalam perjalanan.

 

Berita Terkait

Image

Produsen Jam Tangan Astronot Rilis Seri Terbaru, Begini Sejarah, Spesifikasi, dan Harganya

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

the alchemist