Sains

Peristiwa Beads Bailey akan Muncul Saat Gerhana Matahari Total 8 April 2022, Apa Itu?

Pada saat gerhana matahari total, bailey beads muncul di sekitar bulan pada gerhana 2017.

ANTARIKSA -- Pada 8 April 2022, langit di sebagian wilayah Amerika Utara akan menjadi gelap sesaat saat bulan menutupi matahari sepenuhnya selama gerhana matahari total. Selama waktu maksimal 4 menit dan 28 detik di sepanjang jalur selebar 115 mil (185 kilometer) dan panjang 10.000 mil (16.000 km) yang melintasi Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada, bulan akan sepenuhnya menutupi matahari, dan langit akan menjadi gelap.

Di luar jalur totalitas ini, pengamat akan disuguhi gerhana matahari sebagian. Namun, gerhana matahari sebagian pun tetap merupakan pemandangan yang menakjubkan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ada beberapa peristiwa terjadi saat gerhana matahari total. Pada saat gerhana matahari total, bailey beads muncul di sekitar bulan. Apa itu?

Saat bulan mendekati matahari di langit, cahaya akan mulai menyinar melalui lembah, gunung, kawah, dan medan kasar di tepi cakram bulan. Cahaya ini menciptakan tetesan cahaya di tepi cakram bulan yang disebut "Beads Bailey."

Beads Bailey dinamai dari astronom Inggris, Francis Bailey. Dia menggambarkan fenomena ini pada tahun 1836.

Ironisnya, Bailey mungkin sebenarnya bukan penemu Beads Bailey. Edmond Halley melakukan pengamatan pertama Beads Bailey selama gerhana matahari pada tanggal 3 Mei 1715, dan juga menjelaskan penyebabnya dengan benar.

Pada 8 April, pengamat bisa memperhatikan Beads Bailey sebelum bulan sepenuhnya menutupi matahari, dan saat cakram bulan mulai menjauh dari cakram matahari.

Peristiwa gerhana matahari total pada tanggal 8 April 2024 akan menjadi yang terlama di Amerika Serikat sejak tahun 1806. Di Meksiko, pengamat mungkin akan mendapatkan totalitas selama 4 menit 28 detik, menjadikannya momen langka yang patut disaksikan.

Namun, durasi totalitas akan sedikit berkurang seiring dengan perjalanan bayangan pusat gelap. Meskipun begitu, di perbatasan AS-Meksiko, masih ada potensi untuk menyaksikan gerhana selama 4 menit 26 detik, memberikan kesempatan yang menarik bagi para pengamat di wilayah tersebut.

 
 
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

the alchemist