Sains

Efek Cincin Berlian akan Muncul Saat Gerhana Matahari Total 8 April 2024, Apa Itu?

Efek cincin berlian yang menandai kedekatan totalitas.

ANTARIKSA -- Sekitar sehari lagi, peristiwa langka gerhana matahari total akan melintasi wilayah Amerika Utara. Tepatnya pada tanggal 8 April 2024, langit akan gelap sejenak saat bulan menutupi matahari secara keseluruhan.

Peristiwa gerhana matahari total adalah fenomena astronomi unik yang diikuti dengan feneomena-fenomena lain. Salah satu fenomenanya adalah beads bailey.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketika bulan mendekati matahari di langit, cahaya akan mulai menyinar melalui lembah, gunung, kawah, dan medan kasar di tepi cakram bulan. Fenomena ini menciptakan tetesan cahaya di tepi cakram bulan yang dikenal sebagai "Beads Bailey."

Kemunculan Beads Bailey di tepi bulan mungkin disertai dengan fenomena mencolok lainnya. Fenomena lain yang mungkin terjadi adalah efek cincin berlian.

Sebuah "cincin berlian" terjadi selama gerhana matahari total hanya beberapa saat sebelum titik di mana bulan sepenuhnya menutupi matahari, yang dikenal sebagai totalitas. Fenomena ini disebabkan oleh sinar matahari terakhir yang mengalir melalui medan berbukit di tepi cakram bulan.

Selama gerhana matahari total tahun 2024, pengamat langit dapat mencoba mengamati "cincin berlian ganda" yang langka ketika dua titik cahaya yang menonjol muncul di tepi bulan.

Pada tanggal 8 April 2024 merupakan gerhana matahari terlama di Amerika Serikat sejak tahun 1806. Di wilayah Meksiko, para pengamat berpotensi menyaksikan totalitas selama 4 menit 28 detik.

Meskipun demikian, durasi tersebut akan sedikit berkurang seiring dengan percepatan pergerakan bayangan pusat gelap. Namun, di perbatasan antara Amerika Serikat dan Meksiko, masih ada kesempatan untuk menyaksikan gerhana selama 4 menit 26 detik.

 
 
 
 
 
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

the alchemist