News

NASA Tunda Misi Artemis 1 ke Bulan

Ilustrasi peluncuran roket SLS yang membawa Orion. Foto: NASA
Ilustrasi peluncuran roket SLS yang membawa Orion. Foto: NASA

ANTARIKSA -- Peluncuran roket untuk misi Artemis 1 Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) ditunda. Sedianya, peluncuran kapsul Orion tanpa awak itu dijadwalkan pada tanggal 12 atau 27 Februari ini.

Pada Rabu, 2 Februari 2022, NASA mengumumkan, megaroket Space Launch System (SLS) dan kapsul Orion tidak akan dikirim ke Pangkalan Peluncuran 39B di Kennedy Space Center NASA hingga sekitar Maret.

“Pada akhirnya, kami akan meluncurkannya ketika perangkat keras sudah siap dan tim sudah siap,” Mike Bolger, manajer program sistem eksplorasi di Kennedy Space Center NASA dalam konferensi pers, seperti dikutip Space.com.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pesawat luar angkasa Orion yang dirancang khusus untuk misi Artemis. Gambar: NASA
Pesawat luar angkasa Orion yang dirancang khusus untuk misi Artemis. Gambar: NASA

Menurut dia, tidak ada masalah besar yang dihadapi. Langkah itu dilakukan untuk membawa misi rumit itu berhasil diluncurkan. NASA membutuhkan waktu tambahan untuk menyelesaikan aktivitas penutupan di dalam gedung perakitan sebelum meluncurkan roket untuk pertama kalinya.

Namun, belum ada tanggal baru yang diumumkan setelah penundaan kemarin. Tom Whitmeyer, pejabat di Markas Besar NASA, Washington DC, memperkirakan peluncuran dilakukan pada pertengahan Maret.

"Kami sudah lebih dekat pada penutupan akhir dan kemudian akan berada di posisi yang lebih baik untuk menargetkan tanggal tertentu," kata dia.

Artemis I adalah penerbangan tahap pertama, sebelum pendaratan kembali manusia ke Bulan sejak misi Apollo pada 1960-1970an silam. Misi Artemis 1 diperkirakan berlangsung empat sampai enam pekan.

Misi pertama ini untuk melihat bagaimana pesawat ruang angkasa Orion terbang mengorbit Bulan sebelum kembali lagi ke Bumi. Selain menguji kemampuan Orion dan semua perangkat teknologi yang dibutuhkah, tim akan mempelajari analisis radiasi.

Ilustrasi astronot NASA di bulan. Gambar: NASA
Ilustrasi astronot NASA di bulan. Gambar: NASA

Jika semuanya berhasil dan aman, maka Misi Artemis II yang membawa manusia akan diluncurkan pada tahun 2024. Namun, Orion hanya akan mengorbit di bulan untuk persiapan misi selanjutnya. Artemis III akan diluncurkan tahun 2025 dengan kapsul Orion mendaratkan tiga astronot NASA di permukaan Bulan. Misi ini sebagai tonggak untuk mengirim koloni manusia ke bulan dan seterusnya ke Mars.

Berita Terkait

Image

Sejarah Hari Ini: Neil Armstrong Meloncat sebelum Pesawatnya Meledak

Image

NASA Dirikan Kantor Artemis dari Bulan ke Mars

Image

NASA Dirikan Kantor Artemis dari Bulan ke Mars

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

- angkasa berdenyut dalam kehendak -