Ilmuwan Temukan 85 Planet yang Mungkin Bisa Mendukung Kehidupan

Ilustrasi eksoplanet LTT9779b yang mengorbit bintangnya. Gambar: Ricardo Ramírez Reyes (Universidad de Chile)

ANTARIKSA -- Para ilmuwan menemukan 85 planet potensial di luar tata surya yang memiliki suhu yang mungkin cukup untuk mendukung kehidupan. Enam puluh dari 85 eksoplanet potensial yang serupa dengan ukuran Saturnus merupakan penemuan baru. Sementara 25 di antaranya telah terdeteksi oleh tim penelitian independen.

Dilansir dari Sky News, para astronom menemukan 85 planet potensial ini yang berukuran serupa dengan Jupiter, Saturnus, dan Neptunus menggunakan data dari Teleskop Luar Angkasa Pengamatan Eksoplanet (TESS) milik Badan Antariksa Amerika (NASA).

TESS memungkinkan ilmuwan untuk mengamati penurunan kecerahan bintang, yang disebabkan oleh objek yang melintas di depannya. Setidaknya tiga transit perlu dilihat untuk menemukan eksoplanet dengan cara ini. Metode ini digunakan untuk menentukan berapa lama mereka mengorbit bintang mereka.

Namun, dalam penelitian baru ini, para peneliti melihat sistem yang hanya transit dua kali, yang menghasilkan planet dengan periode orbit yang lebih lama. Hal ini memungkinkan penemuan eksoplanet pada suhu yang lebih sejuk.

Profesor Daniel Bayliss, dari University of Warwick, mengungkapkan kegembiraannya menemukan planet-planet ini. "Dan mengetahui bahwa banyak di antaranya mungkin berada di zona suhu yang tepat untuk mendukung kehidupan."

Peneliti mengatakan bahwa beberapa planet berjarak cukup jauh dari bintang induk mereka sehingga bisa memiliki suhu yang tepat untuk mendukung kehidupan. Zona ini dikenal sebagai "zona Goldilocks" atau "zona layak dihuni".

Pada tahap ini, objek yang ditemukan tersebut masih perlu dikonfirmasi sebagai eksoplanet. Namun, para peneliti berharap ini akan dicapai dengan observasi masa depan.

Kolaborasi internasional ini telah dipublikasikan dalam Monthly Notices Of The Royal Astronomical Society (MNRAS).

the alchemist