News

Deretan Misi ke Bulan yang akan Diluncurkan Tahun 2024

Ilustrasi pendarat SLIM Jepang yang mencoba mendarat di bulan, sebuah pencapaian yang dijadwalkan pada 19 Januari 2024. Gambar: ISAS/JAXA

ANTARIKSA -- Tahun 2024 akan dipenuhi dengan misi luar angkasa yang mendebarkan. Pada tahun 2024 akan dilakukan beberapa peluncuran roket hingga misi ke Bulan.

Berikut adalah beberapa misi ke Bulan yang akan dilakukan pada 2024,:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Misi JAXA
Badan Eksplorasi Antariksa Jepang (JAXA) meluncurkan misi Smart Lander for Investigating Moon (SLIM) pada 6 September 2023. Saat ini SLIM dalam perjalanan menuju permukaan bulan.

Pesawat antariksa itu dijadwalkan mendarat pada 19 Januari di dalam kawah Shioli bulan. Misi SLIM bertujuan untuk menunjukkan pendaratan dengan presisi kurang dari 100 meter dari target.

Jika berhasil, sentuhan SLIM akan menandai pendaratan pertama kali untuk pesawat antariksa Jepang. Jika berjalan mulus, Jepang akan menjadi negara kelima yang berhasil mendarat di bulan setelah Uni Soviet, Amerika Serikat, China, dan India.

Astrobotic Technology
Perusahaan bernama Astrobotic Technology juga mengincar bulan tahun depan. Perusahaan itu berencana melakukan peluncuran pendarat bulan pertama pada 8 Januari, diikuti oleh upaya pendaratan pada 23 Februari.

Pendarat bulan Peregrine akan membawa 20 muatan komersial dan pemerintah, termasuk rover bulan kecil yang dikembangkan oleh ilmuwan Universitas Carnegie Mellon dan serangkaian rover kecil yang disediakan oleh Badan Antariksa Meksiko.

IM-1 Intuitive Machines
Peluncuran untuk misi lunar IM-1 Intuitive Machines dilakukan pertengahan Februari. Pesawat ruang angkasa ini bertujuan mendarat di sekitar kutub selatan bulan.

Melalui kemitraan dengan SpaceX, misi IM-1 akan menjadi upaya pertama perusahaan dalam mendarat di bulan sebagai bagian dari inisiatif Layanan Muatan Lunar Komersial NASA (CLPS). Nantinya, upaya ini akan mendukung program Artemis NASA dan rencananya untuk membentuk kehadiran manusia yang berkelanjutan di bulan.

China
Misi Chang'e 6 China diperkirakan akan diluncurkan pada 2024. Misi ini merupakan misi pengambilan sampel kedua negara tersebut. Lander akan mengumpulkan materi dari cekungan South Pole-Aitken (SPA) di sisi jauh bulan.

Misi ini mengikuti keberhasilan misi pengambilan sampel lunar Chang'e 5, yang diluncurkan pada tahun 2020.

Update Misi Artemis
Jika semuanya berjalan sesuai rencana, manusia juga akan kembali ke bulan pada tahun 2024. Misi bulan Artemis 2 dari NASA akan mengirimkan astronot pertama mengelilingi bulan dalam hampir 50 tahun.

Peluncurkan misi Artemis 2 dijadwalkan tidak lebih awal dari November 2024. Misi delapan hari ini akan membawa empat astronot mengelilingi bulan menggunakan pesawat luar angkasa Orion dan roket Space Launch System (SLS).

Menjelajahi sekitar 10.300 kilometer di luar sisi jauh bulan, misi Artemis 2 merupakan misi berawak pertama di luar orbit rendah Bumi sejak Apollo 17 pada tahun 1972. Kru Artemis 2 ada empat.

Mereka adalah komandan NASA Reid Wiseman, pilot NASA Victor Glover (orang pertama berkulit berwarna meninggalkan orbit rendah Bumi), spesialis misi NASA Christina Koch (wanita pertama yang melakukan perjalanan ini), dan astronaut Badan Antariksa Kanada Jeremy Hansen (non-Amerika pertama yang melakukan perjalanan ini).

 

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

the alchemist