News

Video Detik-Detik Kapsul Orion NASA Terbakar Atmosfer Bumi Saat Kembali dari Bulan

Ilustrasi Kapsul Orion melompati atmosfer. Gambar: NASA

ANTARIKSA -- Pada 11 Desember 2022, kapsul Orion milik NASA yang tidak berawak kembali dengan selamat ke Bumi, mengakhiri misi Artemis 1 ke bulan. Satu tahun setelah misi tersebut, NASA membagikan video bagaimana Orion kembali ke Bumi dan melewati atmosfer bumi dengan membara.

Video itu dibagikan di X (Twitter) pada pada Senin, 11 Desember 2023 waktu setempat, atau Selasa 12 Desember waktu Indonesia. Selain video berdurasi 1 menit tersebut, NASA menyertakan link video lengkap berdurasi 25 menit.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun, Space.com telah merangkum video tersebut menjadi kurang dari 10 menit yang bisa ditonton di bawah ini:

Artemis 1 dimulai pada 16 November 2022, ketika  megaroket Space Launch System (SLS) meluncurkan Orion tanpa awak dari Kennedy Space Center di Florida. Itu adalah lepas landas pertama bagi SLS, roket paling kuat yang saat ini beroperasi, dan yang kedua bagi Orion. 

Baca Juga: Sejarah Hari Ini: Kapsul Orion Bulan-Mars Terbang untuk Pertama Kalinya

Artemis 1 Orion tiba di orbi bulan pada 25 November 2022 dan tinggal di sana selama hampir sepekan sebelum memulai perjalanan panjang kembali ke Bumi. Pada 11 Desember 2022, kapsul tersebut menghantam atmosfer tebal planet kita dengan kecepatan sekitar 39.400 kph. Hal itu menimbulkan tantangan berat terhadap pelindung panasnya.

Pelindung panas tersebut lulus uji, walaupun belum sempurna. “Beberapa material arang terkikis secara berbeda dari apa yang diperkirakan oleh model komputer kami dan yang diprediksi pada pengujian di darat,” kata Howard Hu, manajer Program Orion NASA dikutip dari Space.com.

Menurut dia, Orion menghadapi pelepasan material hangus yang lebih banyak daripada yang diperkirakan para tim misi. Saat ini, NASA sedang bersiap untuk Artemis 2, yaitu penerbangan pertama program Artemis dengan membawa astronot. Artinya, SLS dan Orion akan kembali beraksi. 

Artemis 2 akan mengirim empat astronot mengelilingi bulan dan kembali lagi ke Bumi tanpa mendarat. Mereka adalah Reid Wiseman dari NASA, Victor Glover, Christina Koch, dan Jeremy Hansen dari Badan Antariksa Kanada.

Rencananya, Artemis 2 akan dijadwalkan diluncurkan pada 2024 mendatang. Jika misi itu sukses, Artemis 3 akan berangkat dan mendaratkan astronot ke permukaan bulan pada akhir 2025 atau 2026.

Baca Juga: Kapsul Orion NASA Kembali ke Bumi, Bagaimana Dia Melewati Atmosfer Bumi?

Secara keseluruhan, misi Artemis ingin membangun kehadiran manusia secara permanen di dan sekitar bulan pada akhir dekade ini. Selanjutnya, misi akan mengarah pada kehadiran manusia di Planet Mars. "Bisa alam beberapa dekade mendatang," kata para pejabat NASA.

 

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

- angkasa berdenyut dalam kehendak -