Kalender Antariksa April 2022, Peluncuran Roket, Misi dan Fenomena Langit

News  
Galaxi Bima Sakti. Jadwal misi antariksa April 2022.
Galaxi Bima Sakti. Jadwal misi antariksa April 2022.

ANTARIKSA -- Kalender luar angkasa ini berupa sejumlah jadwal dan peristiwa penting yang akan berlangsung pada Bulan April 2022. Tanggal peluncuran dikumpulkan dari NASA, ESA, Roscosmos, dan lainnya. Jadwal bisa berubah sewaktu-waktu sesuai situasi terkini, termasuk karena ketegangan akibat invasi Rusia ke Ukraina. Terakhir dperbarui pada 1 April.

Jadwal April 2022.

1 April:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

- Bulan baru terbit pada pukul 02.24 EDT atau 13.24 WIB.

- Roket SpaceX Falcon 9 meluncurkan misi berpenumpang yang disebut Transporter 4. Roket ini akan lepas landas dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida. Peluncuran dijadwalkan pada 12.24 EDT atau 23.24 WIB.

2 April:

- Roket Rocket Lab Electron akan meluncurkan dua satelit kecil untuk armada observasi Bumi milik Global BlackSky. Ini akan lepas landas dari Semenanjung Mahia di Selandia Baru. Peluncuran dijadwalkan pada pukul 08.10 EDT atau 19.10 WIB.

4 April:

- Saturnus dan Mars akan mendekat di langit fajar, dengan jarak kurang dari sepertiga derajat satu sama lain. Carilah pasangan di konstelasi Capricornus sebelum matahari terbit.

6 April:

- Axiom Space akan meluncurkan Ax-1, misi astronot pribadi pertama ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Empat awak akan terbang ke stasiun luar angkasa dengan pesawat ruang angkasa SpaceX Crew Dragon dan akan tetap berada di orbit selama delapan hari. Misi tersebut akan lepas landas dari Kennedy Space Center NASA di Florida dengan roket SpaceX Falcon 9. Peluncuran dijadwalkan pada 12.05 atau 23.05 WIB.

16 April:

- Bulan purnama April, yang dikenal sebagai Bulan Merah Muda, terbit pada pukul 14.55 EDT atau 01.55 WIB pada hari berikutnya.

20 April:

- NASA dan SpaceX akan meluncurkan misi Crew-4 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Crew Dragon akan membawa astronot NASA Kjell Lindgren, Robert Hines, dan Jessica Watkins, serta Samantha Cristoforetti dari Badan Antariksa Eropa. Roket Falcon 9 akan lepas landas pada pukul 06.30 EDT atau 17.30 WIB dari Pad 39A di Kennedy Space Center NASA di Florida.

21-22 April:

- Puncak hujan meteor Lyrid.

30 April:

- Gerhana matahari sebagian akan terlihat dari Amerika Selatan bagian selatan, sebagian Antartika, dan di atas Samudra Pasifik dan Atlantik. Gerhana ini bertepatan dengan bulan April kedua, juga dikenal sebagai Bulan Hitam .

- SpaceX Falcon 9 akan meluncurkan satelit komunikasi geostasioner Nilesat 301 dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida.

Juga dijadwalkan untuk peluncuran pada April (jadwal dari Spaceflight Now).

- Arianespace akan menggunakan roket Ariane 5 untuk meluncurkan satelit komunikasi MEASAT 3d dan GSAT 24 dari Guiana Space Center di Kourou, Guyana Prancis.

- Astra akan meluncurkan sepasang CubeSats kecil pertama untuk misi TROPICS NASA dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida.

- Astra akan meluncurkan sepasang CubeSats kecil kedua untuk misi TROPICS NASA dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

- angkasa berdenyut dalam kehendak -

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image