Perusahaan Korsel Tolak Bantu Ukraina untuk Citra Satelit

Politik  
Hotel Marina Bay Sands Singapura terlihat dalam citra satelit optik yang diambil oleh SI Imaging Services (SIIS) Korea Selatan. Presiden SIIS menolak permintaan Ukraina untuk membagikan citra satelit untuk melawan Rusia dengan mengatakan
Hotel Marina Bay Sands Singapura terlihat dalam citra satelit optik yang diambil oleh SI Imaging Services (SIIS) Korea Selatan. Presiden SIIS menolak permintaan Ukraina untuk membagikan citra satelit untuk melawan Rusia dengan mengatakan "tidak ada yang bisa dibagikan." Gambar: Layanan Pencitraan SI

ANTARIKSA — Perusahaan pengamatan Bumi Korea Selatan SI Imaging Services (SIIS) menolak permintaan pemerintah Ukraina untuk membagikan citra satelit mereka. Menteri Transformasi Digital Ukraina sebelumnya menginginkan citra satelit SIIS Korsel dan negara-negara tetangga guna membantu upaya Ukraina mengusir invasi Rusia.

SIIS yang berbasis di Daejeon disebutkan bersama dengan tujuh perusahaan penginderaan jauh lainnya dalam surat terbuka Menteri Transformasi Digital Ukraina, Mykhailo Fedorov yang diposting 1 Maret di Twitter. Perusahaan lain yang disebutkan adalah Planet Labs, Maxar Technologies, Airbus SAS, BlackSky Global, Iceye, SpaceView, dan Capella Space.

“Kami tidak memiliki apa pun untuk dibagikan dengan Ukraina, setidaknya untuk saat ini,” kata Presiden dan CEO SIIS, Kim Moon-gyu kepada SpaceNews pada Kamis, 3 Maret 2022.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Kami mengambil gambar menggunakan empat satelit penginderaan jauh milik pemerintah (Korea Selatan). Karena itu, pemerintah selalu berdiri di urutan pertama untuk menggunakannya, dan giliran kita datang ketika pekerjaan pemerintah selesai. Sejak konflik pecah, pemerintah telah secara substansial meningkatkan waktu menggunakan satelit, terutama ketika mereka terbang di atas Ukraina, untuk melihat apa yang terjadi di sana. Ini membuat kami praktis tidak dapat menangkap gambar Ukraina,” kata Kim.

Penolakan SI Imaging Services menandai kemunduran lain untuk upaya yang diprakarsai dan dipromosikan oleh pengusaha kelahiran Ukraina, Max Polyakov untuk menggalang industri citra komersial atas nama Ukraina. Surat publik Federov, dikeluarkan setelah Polyakov mengumumkan permohonan mendesak untuk citra optik dan SAR wilayah tersebut. Mereka menegaskan kembali perlunya dukungan citra dan mengatakan Polyakov bertindak atas nama Kementerian Transformasi Digital.

“Kami sangat membutuhkan kesempatan untuk menyaksikan pergerakan pasukan Rusia, terutama di malam hari ketika teknologi kami sebenarnya buta! Data SAR penting untuk memahami pergerakan pasukan dan kendaraan Rusia di malam hari mengingat awan menutupi sekitar 80 persen Ukraina pada siang hari,” tulis Federov.

“Tolong perlakukan Max Polyakov dan EOS Data Analytics sebagai perwakilan kami untuk kerja sama ini.”

Dalam sepekan sejak Rusia menginvasi Ukraina, Fedorov yang berusia 31 tahun telah sering menggunakan Twitter untuk meminta dukungan industri teknologi bagi negaranya yang sedang diperangi. Pada 26 Februari, dia secara terbuka menyebut CEO SpaceX Elon Musk untuk membawa terminal internet broadband satelit Starlink ke Ukraina. Pada 28 Februari, Federov melaporkan bahwa pengiriman pertama telah tiba.

Keterlibatan Polyakov sebagai pengusaha dalam seruan sumbangan citra itu, disebutkan menyebabkan setidaknya satu penolakan perusahaan atas permintaan tersebut. Awal pekan ini, operator satelit SAR yang berbasis di San Franciso, Capella Space , menolak permintaan yang diprakarsai oleh Polyakov dengan mengatakan: “Kami tidak bekerja dengan individu atau entitas yang dibatasi atau dikenai sanksi berdasarkan undang-undang dan peraturan ekspor pemerintah Amerika Serikat.”

Noosphere Venture Partners milik Polyakov ditambahkan ke Sistem Daftar Hitam Pemerintah AS pada 22 Desember 2021. Itu bersamaan dengan Komite Investasi Asing di Amerika Serikat (CFIUS) meminta Noosphere melepaskan sahamnya di Firefly Aerospace. Sementara Polyakov belum menanggapi permintaan wartawan untuk menanggapi.

Sumber: Space News

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

- angkasa berdenyut dalam kehendak -

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image