Virgin Galactic Ingin Produksi Massal Pesawat Kelas Delta

Bisnis  
Ilustrasi pesawat kelas delta Virgin Galactic. Gambar: Live and Letsfly
Ilustrasi pesawat kelas delta Virgin Galactic. Gambar: Live and Letsfly

ANTARIKSA — Perusahaan penerbangan ruang angkasa Virgin Galactic akan mulai membawa penumpang ke luar angkasa pada akhir tahun ini. Misi itu dinilai akan panjang mengingat jumlah penumpang dalam massa tunggu hampir mencapai 1.000 orang.

Virgin Galactic memang menargetkan banyak penumpang dengan penambahan armada baru, yaitu pesawat antariksa kelas Delta dan pesawat pengangkut generasi berikutnya yang memiliki kemampuan supersonik. Namun, pasangan pesawat itu kemungkinan tidak akan beroperasi dalam waktu dekat.

Tahun lalu, Virgin Galactic mengumumkan, mereka akan mempertaruhkan masa depan perusahaan pada Delta dan pengangkutnya. Baru-baru ini, perusahaan itu kembali mengungkapkan beberapa rincian teknis tentang keduanya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kepala Eksekutif Virgin Galactic, Michael Colglazier mengatakan, kendaraan kelas Delta dirancang untuk diproduksi dalam jumlah besar dan mampu terbang sekali dalam sepekan. Saat ini, perusahaannya sedang mengubah pendekatan manufaktur untuk pesawat antariksanya sehingga ke depan bisa membangun sendiri semuanya.

Virgin Galactic berencana bekerja sama dengan perusahaan kedirgantaraan 'level satu' untuk membangun sub-rakitan utama pesawat Delta. Integrasi akhir pesawat akan berlangsung di fasilitas baru Virgin Galactic yang akan siap pada akhir 2023.

“Kami berharap ini akan memberi kami model manufaktur yang hemat biaya dan sangat efisien untuk membangun armada Delta dan kapal induk masa depan kami,” katanya kepada SpaceNews, Selasa 22 Februari 2022.

Mereka menargetkan bisa memproduksi hingga enam pesawat luar angkasa per tahun setelah beroperasi penuh. Perusahaan itu mengaku membutuhkan banyak pesawat antariksa tambahan untuk melayani tumpukan pelanggan yang terus bertambah.

Baca juga: 1.000 Orang akan Berwisata ke Luar Angkasa Mulai Tahun Ini

Colglazier mengatakan, perusahaan menargetkan 1.000 pelanggan pada saat penerbangan komersial akhir tahun ini. Virgin Galactic telah menjual sekitar 750 kursi, 150 orang diantaranya dari penjualan tiket pada Agustus 2021 lalu. Pada 15 Februari, Virgin kembali membuka penjualan tiketnya. Menurut perusaan itu, beberapa di antara pelanggan berusia sekitar 15 tahun.

Pesawat kelas Delta tidak akan terlibat dalam memenuhi target itu. Kepala keuangan Virgin Galactic, Doug Ahrens menjelaskan, pesawat Delta direncanakan memulai penerbangan pertama pada 2025 dengan muatan tentang penelitian. Sementara penerbangan dengan pelanggan dimulai pada 2026.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

- angkasa berdenyut dalam kehendak -

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image