Kapsul Orion Artemis 1 NASA Sedang Bermanuver di Bulan, Begini Cara Menontonnya

News  
Tangkapan layar Kapsul Orion Artemis 1 NASA sedang terbang melayang di atas permukaan bulan.
Tangkapan layar Kapsul Orion Artemis 1 NASA sedang terbang melayang di atas permukaan bulan.

ANTARIKSA -- Pesawat luar angkasa NASA untuk program Artemis 1, Orion sedang bermanuver di atas permukaan bulan. Kapsul itu akan melakukan pembakaran mesin penting saat terbang melewati bulan pada Senin, 5 Desember pukul 11.43 ETS atau 23.43 WIB nanti. Peristiwa tersebut dapat Anda saksikan secara langsung.

Orion yang terbang tanpa pilot dijadwalkan melakukan pembakaran mesin selama 207 detik, dan menjadi misi terlama dari Artemis 1. Saat pembakaran itu, kapsul Orion hanya berjarak 79 mil atau 128 kilometer di atas permukaan bulan. NASA meliput manuver tersebut secara langsung.

Artemis 1 adalah misi terbang melayang kapsul Orion dan roket Space Launch System (SLS) NASA yang membawanya sejak 16 November 2022. Jika misi ini berjalan lancar, Orion dan SLS akan meluncur bersama astronot untuk mengelilingi bulan dalam misi Artemis 2 pada tahun 2024. Selanjutnya, mereka akan mendaratkan sepatu bot di dekat kutub selatan bulan sekitar setahun kemudian dalam misi Artemis 3.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Misi ini menjadi cikal dari upaya yang lebih luas untuk mendirikan pangkalan bulan berpenghuni pada akhir dekade ini. Ini menjadi salah satu tujuan utama program Artemis NASA, sebelum berangkat ke Mars.

"SLS melakukan tugasnya dengan baik selama peluncuran Artemis 1, dan Orion juga telah memenuhi harapan dalam misi tersebut," kata pejabat NASA.

Kapsul tiba di orbit bulan sesuai rencana pada 25 November dan kembali berangkat sesuai jadwal pada 1 Desember 2022 berkat pembakaran mesin selama 105 detik. Tetapi, kapsul Orion masih memiliki beberapa hal yang perlu diuji dan diperhatikan,

dimulai dengan mesin yang terbakar pada malam ini.

Pembakaran powered return flyby akan menempatkan Orion di jalurnya untuk kembali ke Bumi pada 11 Desember 2022. Pada hari itu, kapsul akan meluncur ke atmosfer Bumi dengan kecepatan hampir 25.000 mph (40.000 kph). Ini akan memberikan uji stres yang serius terhadap pelindung panasnya.

Struktur tersebut akan mengalami suhu sekitar 5.000 derajat Fahrenheit (2.800 Celsius), setengah dari panas permukaan matahari. Jika pelindung panas dan parasut Orion melakukan tugasnya dengan baik pada 11 Desember, kapsul itu akan jatuh di Samudra Pasifik di lepas pantai California untuk mengakhiri misi Artemis 1.

Nonton penerbangan Orion malam ini di sini: https://youtu.be/GFbVREEtc1Y

Sumber: Space.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

- angkasa berdenyut dalam kehendak -

Apa Itu Galaksi?

Apa Itu Bintang, Planet, Asteroid, dan Komet?

Apa Itu Lubang Hitam?

Kenapa Alam Semesta Gelap?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image